Sari Temulawak: Rasa, Kekhasan, Khasiat, Hingga Kisah Asmara di Dalamnya


Sejak puluhan tahun, bumi nusantara menyimpan kekayaan yang tak ternilai. Salah satunya adalah keragaman aneka rempah-rempah yang dimiliki. Sejarah telah mencacat bahwa kekayaan tersebut  yang mengundang bangsa-bangsa Eropa untuk datang memperebutkan tanaman berharga tersebut. Bangsa Eropa membutuhkan rempah-rempah untuk menghangatkan diri dari dinginnya iklim di sana. Bukan hanya untuk penghangat, minuman, atau bumbu tambahan, rempah-rempah juga berguna untuk obat-obatan. Salah satunya adalah temulawak.

Sebagai bagian dari rempah-rempah, tidak lazim untuk memakan temulawak secara langsung. Oleh karena itu temulawak banyak dijadikan jamu berbentuk minuman. Kandungan curcuma di dalamnya berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan dan menyegarkan badan. Seiring dengan zaman yang makin modern, mendapatkan temulawak tak lagi mudah karena pekarangan yang makin sempit dan menipiskan lahan perkebunan untuk bercocok tanam. Untungnya sudah ada teknologi pangan dan minuman yang bisa mengatasi kelangkaan tersebut. Berkat teknologi, kita bisa menikmati sari temulawak dengan lebih mudah dan murah.

Sari temulawak adalah salah satu contohnya. Minuman ini terbuat dari sari temulawak asli dan diolah menjadi minuman ringan yang enak dan menyegarkan. Dari sekian pabrik di banyak daerah yang memproduksi sari temulawak, ada pabrik  dari Kabupaten Jombang yang tetap konsisten memproduksi sari temulawak di tengah gempuran minuman bersoda bermerek lainnya. Bahkan, minuman ini kerap menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut. Sebagai seorang perantau dari Kabupaten Jombang, saya pun kerap membawa minuman sari temulawak ini sebagai oleh-oleh saat kembali ke ibukota.

Kupinang Kau dengan Sari Temulawak
Kupinang Kau dengan Sari Temulawak. dokumentasi pribadi.

Menemukan Oleh-Oleh Khas

Tidak seperti kota atau daerah lain yang kuat dengan makanan khasnya, agak sulit menemukan oleh-oleh apa yang benar-benar khas dari Kabupaten Jombang. Kalau ke Yogyakarta, Anda bisa membawa bakpia, ke Semarang Anda bisa menemukan lumpia, kalau Palembang Anda bisa membawa empek-empek asli dari asalnya. Sementara tidak ada yang benar-benar ikonik dari Jombang. Mungkin dikarenakan bukan kota besar dan tidak sering dijadikan kunjungan oleh wisawatawan. Jadi bukan hal aneh jika Jombang tidak banyak memiliki makanan atau minuman yang benar-benar ikonik dan khas.

Namun, jika kita menelisik lebih dalam mungkin kita akan menemukan makanan atau minuman yang khas dari Jombang. Mungkin kurang terkenal karena brandingnya tidak seheboh makanan khas dari daerah lain, tetapi soal rasa, keunikan, dan kekhasannya minuman ini bisa diadu. Minuman ini adalah sari temulawak beruap produksi perusahaan limun Agung Ngoro Jombang. Ekstrak temulawak menjadi bahan dasar minuman ini.

Nostalgia Minuman Legenda

Ketika sedang duduk di sebuah warung dan melihat minuman ini saya teringat untuk membawa minuman ini sebagai oleh-oleh. Upaya ini sekaligus untuk membranding oleh-oleh khas Jombang di mata dunia. Memori kembali saat saya membelikan kakek minuman yang sehat dan menyegarkan ini. Kemasannya tidak banyak berubah, masih menggunakan botol kaca pendek dengan kapasitas 300 ml. Tutup botolnya menggunakan besi kaleng seperti minuman soda pada umumnya.

Penasaran dengan rasanya, saya memesan minuman ini beserta satu gelas es batu sebagai pelengkap. “wusss, cessss!!” itulah suara yang muncul saat tutup botolnya di buka. Sensasi serupa juga terjadi saat sari temulawak dituang ke dalam gelas berisi es batu. Kesegaran sudah dapat dirasakan bahkan hanya dengan melhatnya. Tak sabar rasanya ingin segera mencicipi minuman ini. Ketika mulai meminumnya, nuansa kesegaran bercampur dengan aroma dan rasa temulawak yang khas. Benar-benar membangkitkan selera. Semangat yang turun menjadi meningkat kembali. Rasanya minuman tak kalah jika harus bersaing dengan minuman bersoda dari negeri Paman Sam itu. Apalagi dengan kekhasan lokal, dan bahan baku yang berasal dari rempah-rempah khas nusantara. Temulawak memiliki potensi yang besar untuk berkembang.

Keputusan saya untuk membawa sari temulawak ke ibukota makin mantap. Dunia harus merasakan nikmatnya minuman ini. Bahkan bukan hanya kenikmatan rasa, melainkan juga manfaatnya. Sensasi aftertaste setelah minum temulawak adalah tubuh menjadi hangat. Tak heran jika kakek saya dulu sering meminumnya ketika malah hari, ketika tubuh terasa dingin. Meskipun diminum dalam kondisi dingin, sensasi hangat tetap dapat dinikmati. Jadi, sudah tidak perlu diragunkan bahwa minuman ini memang benar-benar mengandung temulawak dan bukan sekedar perisa.

Si Botol Kaca

Minuman tradisional dengan sejuta manfaat, tapi juga menyimpan sejuta cerita. Seperti kebiasaan mudik di tahun-tahun sebelumnya, saya juga membawa oleh-oleh minuman sari temulawak Agung.  Kebetulan kantor saya baru pindah, jadi mereka belum pernah merasakan sari temulawak yang melegenda ini. Sebuah kesempatan yang baik untuk membawa kenikmatan dan manfaat temulawak pada mereka. Agaknya tidak berlebihan jika sari temulawak ini sudah terdaftar atau dibantu dari https://pom.go.id/new/ @bpom.official @bpom_ri @bpom_ri . Hingga saat ini minuman sari temulawak ini masih terdaftar sebagai minuman yang diproduksi oleh industri rumah tangga (IRT).

Karena kemasan yang terbuat dari botol kaca, saya selalu membawanya dalam jumlah yang terbatas. Tidak semua orang kebagian sari temulawak ini. Saya pun berinisiatif untuk meminum bersama-sama saat makan siang. Dan saat mencoba, semuanya mengatakan rasanya unik dan menyegarkan. Rasanya tidak mainstream seperti minuman bersoda pada umumnya.

Pada saat masih mudik di Jombang, saya berusaha menghubungi agen untuk mendapatkan minuman sari temulawak yang berkemasan plastik. Namun si agen beralasan produk masih belum ada karena masih libur lebaran. Saya sangat ingin membawa minuman yang berkemasan plastik karena bobotnya lebih ringan sehingga tidak menyulitkan saat dibawa ke Jakarta. Tapi apadaya, sari temulawak yang tersedia hanya kemasan botol. Alhasil, saya hanya membawa enam botol minuman kemasan beling/kaca.

Kupinang Kau dengan Sari Temulawak

Kebetulan setelah lebaran saya ingin meminang kekasih yang sangat saya cintai. Keluarga dari Jombang akan tiba di rumah sang kekasih di Sukabumi. Tetiba ayah saya mengirimkan pesan foto satu kardus sari temulawak agung melalui whatsapps. Beliau mengatakan bahwa ia akan sudah membeli temulawak berkemasan botol satu kardus untuk calon besan di Sukabumi. Saya sempat kaget bercampur bahagia. Kaget karena begitu mudahnya ayah mendapat temulawak berkemasan plastik, dan senang karena dapat memberikan minuman khas yang melegenda pada keluarga kekasih saya.

Momen pertunangan pun tiba. Acara berlangsung khidmad dan lancar. Semua seserahan pun sudah diberikan, termasuk satu kardus sari temulawak Agung khas Jombang. Ketika rombongan keluarga saya sudah kembali dari Sukabumi, sang kekasih mengirimkan pesan tentang khasiat temulawak. Beberapa kakak-kakaknya merasa badannya bugar setelah meminum sari temulawak. Sebelum hari tunangan mereka begadang sibuk mempersiapkan acara sembari nonton piala dunia. Badan yang lesu seketika hilang saat meminum sari temulawak. Sensasi hangat aftertaste minuman sari temulawak ini telah terbukti berkhasiat menghangatkan sekaligus menyegarkan badan. Rasa yang nikmat dan unik menjadi nilai tambah minuman sari temulawak ini. Sungguh sebuah kebahagiaan tersendiri saat dapat membagikan kenikmatan rasa temulawak beserta khasiatnya. Tak lupa, kisah cinta pinangan saya telah tersampaikan dengan sari temulawak ini berlangsung dengan sukses dan bahagia. Sari temulawak bukan hanya menjadi oleh-oleh khas dari Jombang, tetapi juga mewarnai kisah asmara romantis dua anak manusia.


#panganamanmudik #cekklikbpom #jamuamanmudik

Your reaction?
LOL LOL
5
LOL
OMG OMG
1
OMG
LOVE LOVE
7
LOVE
!@#$@ !@#$@
5
!@#$@
WTF WTF
3
WTF
ANGRY ANGRY
7
ANGRY
CUTE CUTE
2
CUTE
HAPPY HAPPY
2
HAPPY
DAMN DAMN
3
DAMN

Pemikir, perenung, pemerhati alam semesta, manusia dan kebudayaan

Leave a Reply

log in

reset password

Back to
log in