Meski Dikepung Berbagai Masalah Orang Indonesia Selalu Merasa Bahagia, Kok Bisa?


Beberapa waktu yang lalu, media ABC Internasional mengatakan bahwa Indonesia adalah negara paling bahagia di antara negara G20. Dilansir dari dream.co.id, Indonesia mendapat skor 80 % dengan rakyat paling bahagia. Diikuti oleh Australia dan Kanada sebesar 79 %. Data ini cukup mencengangkan, mengingat banyaknya masalah dari berbagai sektor yang mengepung negeri ini. Mulai dari ekonomi, ketidakmerataan, ketidakadilan, kegaduhan politik, korupsi hingga masalah keamanan dan terorisme. Orang Indonesia memiliki jutaan alasan untuk merasa sedih, frustasi, stress dan tidak bahagia. Namun, kenyataannya orang Indonesia selalu merasa bahagia, Kok Bisa?

nongkrong for lyfe. malesbanget.com

Religius

Religiusitas adalah salah satu alasan orang Indonesia selalu merasa bahagia. Selalu merasa dalam dekapan Tuhan akan menumbuhkan optimisme dan energi positif dalam diri seseorang. Tidak peduli seberapa berat masalah yang dihadapi, jika Tuhan sudah hadir maka dia akan mendapat kekuatan. Hal inilah yang membuat banyak orang Indonesia tidak mudah putus asa dan mendapat banyak asupan optimisme dari langit.

Punya Banyak Objek Wisata

Indonesia sangat kaya akan objek wisata. Kita tidak perlu keliling dunia untuk berwisata. Berbagai jenis wisata dari Sabang sampai Merauke berjajar bak sajian katering kondangan. Indahnya alam, kehangatan penduduk, hingga eksotiknya kebudayaan masyarakat lokal dapat kamu nikmati tanpa harus keluar negeri.

Bahagia Itu Sederhana

Beberapa waktu yang lalu, sempat ramai #bahagiaitusederhana, agaknya sampai saat ini hal ini masih relevan. Sesederhana bisa makan indomie di saat hujan atau bisa ngedapetin seri gundam terbaru yang langka. Kesederhanaan macam begini yang membuat banyak orang Indonesia selalu bahagia. Kalau kebahagiaan terwujud dengan apa gengs?

Sering Nongkrong

Nongkrong adalah salah satu cara melepas stress. Dengan nongkrong kamu bisa mendapat cerita, jokes, dukungan, teman baru hingga gebetan. Tak jarang banyak ide-ide cemerlang muncul karena nongkrong. Dengan modal secangkir kopi, kamu bisa nongkrong berjam-jam. Tingkat stress kamu dijamin berkurang, sehingga kebahagiaan juga akan kamu dapat.

Social Insurance yang Kuat

 

Untuk masalah kebahagiaan ini, yakalee ingin mengajukan konsep social insurance. Jadi semacam asuransi namun sifatnya sosio-kultural. Maksudnya, kalau asuransi biasa kan bakalan ngasih kamu security dari segi kesehatan, jiwa, hingga keamanan finansial. Nah kalau social insurance itu ngasih “asuransi” yang menjamin seseorang selalu diperhatikan dan dipedulikan oleh orang disekitarnya. Dia tidak akan merasa sendiri. Setiap masalah bisa dishare, sehingga bisa lebih mudah menemukan jalan keluar.

 

Your reaction?
LOL LOL
1
LOL
OMG OMG
2
OMG
LOVE LOVE
7
LOVE
!@#$@ !@#$@
2
!@#$@
WTF WTF
0
WTF
ANGRY ANGRY
0
ANGRY
CUTE CUTE
3
CUTE
HAPPY HAPPY
1
HAPPY
DAMN DAMN
3
DAMN

Pemikir, perenung, pemerhati alam semesta, manusia dan kebudayaan

Comments 2

    1. Halo kak Talita. Sori baru bales. Hiatus lama nih. Betul kak, bagi kita bahagia emang sederhana. Sesederhana pesen makanan favorit di Go-Food, apalagi dapat promo. Perut kenyang, hatipun senang!

Leave a Reply

log in

reset password

Back to
log in