Kenapa Banyak Orang Pengen Jadi PNS?


Hai gaes, apa kabs? Kali ini kita bakalan bahas topik yang nggak ada abisnya. Yap, kita bakalan bahas tentang PNS. Dibilang nggak ada abisnya karena tiap tahun selalu ada yang nyari lowongan ini. Saking pentingnya, sampai ada orang yang rela bayar mahal buat nyogok petugas, supaya bisa kerja jadi PNS. Miris sih, tapi ya kayak begitu kenyataannya. Sebenarnya kenapa sih orang Indonesia itu ingin banget jadi PNS?, Yakalee berusaha merumuskan beberapa hasil telaah mendalam terkait alasan-alasan ini.

PNS, idaman mertua, hidup tenang, sering jalan-jalan. banyak tunjangan
edited by yakalee

1.Pengen Hidup Tenang

Kata orang-orang sih PNS itu nggak berat gaes. Cenderung nyantai dan target kerjanya nggak seketat kalo kerja di perusahaan swasta. Selain itu, kamu tidak perlu dibayang-banyangi kecemasan karena di PHK, karena nggak mungkin negara bangkrut. Bahkan, meski negara kita banyak utang kayak sekarang ini, PNS masih tenang-tenang aja kan. Kecuali kalau terjadi kekacauan di negeri ini. Semoga saja nggak ya.

2.Dapet Banyak Tunjangan dan Uang Pensiun

Nah, meskipun gajinya segitu-gitu aja, PNS mendapat banyak tunjangan di luar gaji, seperti tunjangan anak, tunjangan istri/suami, tunjangan lauk-pauk dan banyak lagi. Besarnya tunjangan tergantung kementerian atau lembaga negara masing-masing. Kalo lagi rapat, seminar atau dinas keluar kota PNS juga dapet sangu gaes. Lumayan kan buat nongkrong sambil ngopi-ngopi cantik. Selain itu, para abdi negara tidak perlu repot-repot nabung buat hari tua karena secara otomatis mereka dapat dana pensiun pas sudah uzur nanti.

3.Nyenengin Orang Tua

Rata-rata orang tua di Indonesia ingin banget anaknya jadi PNS. Namanya orang tua kan pengen banget anaknya mapan dan hidup sejahtera. Walaupun sekarang banyak pilihan profesi yang lebih menghasilkan seperti youtuber, travel blogger, dan fotografer tetap saja PNS tetap menjadi idaman. FYI saja youtuber papan atas seperti Dovi & Jovi, Bayu Skak, Raditya Dika, Reza Oktovian bisa mengantongi penghasilan sampai puluhan juta sebulan. Itu sih belum kalau dapet tawaran main film ya. Kalau menurut yakalee sih orang tua kalian bakalan seneng-seneng saja sih meski kalian tidak jadi PNS tapi punya penghasilan segitu gedenya.

4.Idaman Calon Mertua

Calon Mertua atau camer itu kan nggak mau anaknya diajak hidup menderita bareng kamu ya. Jadi mereka butuh jaminan , nah dengan kamu jadi PNS mereka sudah ngerasa aman banget. FYI aja, mereka kan banyak menghabiskan umurnya di era Orde Baru di mana waktu itu PNS jadi kerjaan yang idaman banget (eh sekarang juga ya). Dengan jadi PNS kamu pasti udah dibilang “hebat” sama mereka. Kamu nggak perlu lagi jadi ┬ányelametin dunia biar bisa dibilang “hebat”, cukup jadi PNS aja.

5.Berguna Bagi Nusa Dan Bangsa

Poin yang paling klise ini kayaknya nggak perlu dijelasin lebih lanjut deh. Kalian sudah tahu kan pasti. PNS kan abdi negara jadi otomatis kalian mengabdikan diri kalian untuk negara kita tercinta Indonesia Raya #sumpahkliseabis.

Your reaction?
LOL LOL
2
LOL
OMG OMG
1
OMG
LOVE LOVE
5
LOVE
!@#$@ !@#$@
1
!@#$@
WTF WTF
2
WTF
ANGRY ANGRY
5
ANGRY
CUTE CUTE
0
CUTE
HAPPY HAPPY
1
HAPPY
DAMN DAMN
0
DAMN

Pemikir, perenung, pemerhati alam semesta, manusia dan kebudayaan

Comments 1

Leave a Reply

log in

reset password

Back to
log in