Kegalauan Anak Freshgraduate


Pasca lepas dari bangku kuliah, biasanya masing-masing orang sudah punya rencana. Kamu juga dong pastinya, tapi tidak menutup kemungkinan kamu juga mengalami kegalauan karena ada beberapa pilihan. Tenang aja, itu wajar kok bagi anak freshgraduate kayak kamu. Ada jutaan orang di dunia ini yang merasakan kegalauan yang sama. Emangnya apa saja sih kegalauan-kegalauan yang dialami anak Freshgraduate?

abis lulus, trus apa Mbah google.com
abis lulus, trus apa? mbah google.com

 

 

Mau Kerja Atau S2

Kayaknya kalau ini sih banyak banget yang ngalamin ya gaes. Karena makin ke sini banyak banget peluang buat ngedapetin beasiswa S2. Salah satunya lewat beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Pemerintah melalui LPDP ngasih banyak banget kesempatan beasiswa buat kamu yang mau nerusin S2. Tetapi, di satu sisi kamu juga pengen coba pengalaman kerja gitu. Nah, beberapa kolega yakalee ada yang mensiasatinya dengan kerja dulu buat cari pengalaman, sembari nyiapin segala sesuatunya buat S2. FYI aja, kuliah S2 itu cukup ribet kayak orang nyiapin kawinan. Persiapan yang dilakukan biasanya sih persyaratan TOEFL, IELTS, GRE, dan berbagai berkas lainnya. Dan biasanya memakan waktu setahunan gitu. Tapi semuanya balik lagi ke kamu sih, kamu harus pastiin dulu tujuan hidup kamu apa? Kenapa harus S2? Terus abis S2 mau apa? Biar kamu mantap mengarungi samudera kehidupan ini #apasih.

Kerja Dimana?

Kalo kegalauan semacam ini, kamu sudah fix nggak ngambil S2 (seenggaknya dalam waktu dekat). Orang yang ada dalam posisi ini mikirnya mau kerja kantor apaan? Mau Jadi PNS apa karyawan swasta? Dilema mau jadi PNS apa nggak itu banyak terjadi dalam diri freshgraduate ya gaes. Misalnya di satu sisi ingin menuhin passion kamu kerja di industri kreatif macem yakalee (#ceilah) tapi orang tua terus nuntut supaya kamu jadi PNS. Kamu tahu sendiri kan, salah satu tolak ukur kesuksesan orang Indonesia itu jad PNS. Tidak jarang juga kamu bakalan mikir tentang kerja kamu nggak linear sama jurusan yang kamu ambil pas kuliah. Karena di dunia kerja hal-hal kayak gitu sangat mungkin terjadi.

Mau “pulang kampung” apa nggak?

Istilah “pulang kampung” di sini bukan dalam arti pulang kampung rutin yang dilakukan tiap lebaran. Tetapi, balik ke daerah asal kamu setelah menimba ilmu di kota lain. Hal ini biasanya dialami oleh anak rantau gitu. Setelah nimba ilmu selama bertahun-tahun, tiba-tiba kamu pengen balik ke daerah. Tujuan kamu sangat mulia yakni ingin membangun daerahnya menjadi lebih maju. Tetapi di satu sisi, kamu ngerasa nyaman sama kota tempat kamu belajar. Selain itu, di sini tersedia banyak peluang karir yang lebih menjanjikan. Yakalee menyebut fenomena ini sebagai “Dilema Anak Rantau”.

Nikah?

Buat yang gak jomblo, nikah bisa jadi salah satu opsi yang menarik. Setidaknya kalian akan punya temen yang bisa diajak untuk bingung mau kemana setelah lulus kuliah. Eiiitssss tapi bagi yang jomblo jangan berkecil hati juga, banyak cara menuju pelaminan, misalnya lewat perjodohan, atau kalau kalian aktif di rohis kampus bisa ikut program taaruf biar nikahnya syar’i. Kalau udah nikah kan nanti bisa jadi lebih semangat cari kerjanya karena udah ada wanita yang menunggu untuk uang belanja 😀

Bingung aja

Yakalee juga nggak terlalu yakin sih kalau golongan ini ada. Tapi nyatanya ada, teman yakalee ada kok yang kayak gini. Mereka bingung aja gitu mau apa. Pas ditanya mau kerja apa? Mereka jawab “ Nggak tahu passionnya apa?” terus mau ditanya apa mau lanjut S2? Mereka bilang belum tahu mau ambil apa ?”. Buat kamu yang berada dalam situasi ini tenang saja, coba liat poin pertama kamu tanya pada diri kamu sendiri, tujuan hidup kamu apa? . Kalau belum nemu juga, coba kamu nanya ke orang-orang di sekitar kamu. Terutama, mereka yang sudah banyak makan asam garam kehidupan.

Your reaction?
LOL LOL
1
LOL
OMG OMG
0
OMG
LOVE LOVE
0
LOVE
!@#$@ !@#$@
0
!@#$@
WTF WTF
0
WTF
ANGRY ANGRY
0
ANGRY
CUTE CUTE
0
CUTE
HAPPY HAPPY
0
HAPPY
DAMN DAMN
0
DAMN

Pemikir, perenung, pemerhati alam semesta, manusia dan kebudayaan

Leave a Reply

log in

reset password

Back to
log in