Benarkah Cewek Lebih Pake Perasaan, Sedangkan Cowok Lebih Pake Logika?


Dalam hubungan cowok dan cewek, selama ini kita selalu akrab dengan pernyataan berikut ini “Cowok itu pakai logika, kalau cewek selalu pake perasaan”. Pemahaman ini sering dijadikan alasan bahwa cowok itu tidak peka, karena selalu mengandalkan logika dan mengenyampingkan perasaan. Namun, apakah benar demikian? Apakah tidak mungkin jika ada cowok yang perasaannya lebih peka? Lantas, Benarkah tidak ada cewek yang lebih mengandalkan logikanya?

Memahami perasaan dan logika pasangan secara mendalam adalah kunci keberhasilan suatu hubungan. gambar: meramuda.com

Nggak Semua Cowok Nggak Peka

Menurut para ahli, struktur dan susunan otak cowok dan cewek memang berbeda. Cowok cenderung mengaktifkan sisi kiri otak yang mengoperasikan logika dan rasionalitas. Sedangkan cewek cenderung mengandalkan otak kanan. Emosi, perasaan yang berbuah pada kepekaan hati banyak diolah di bagian otak kanan.

Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Ternyata ada juga cowok yang lebih peka perasaan dan emosinya. Hatinya mudah terluka, sanubarinya selembut salju, kepekaanya bak microphone berkualitas terbaik. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa dikotomi cewek perasaan vs cowok logika adalah sekadar stereotype. Lingkungan tempat individu berinteraksi turut memengaruhi kecenderungan tersebut. Pada akhirnya cowok maupun cewek punya potensi untuk menjadi seorang yang “thinker” atau “feeler“.

Tergantung Zodiak?

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa kecenderungan thinking dan feeling ditentukan oleh zodiak. Misalnya kalo zodiaknya gemini, berarti dia lebih peka, baperan, dan gampang sedih. Sedangkan scorpio lebih logis dan karakternya kuat, nggak peduli apakah dia cewek atau cowok. Ramalan bintang sih emang kontroversial, tapi nyatanya sering digunakan sebagai panduan. Panduan menyusun strategi memenangkan hati gebetan. #eaaaaa

Pluralitas Emosi

Terlepas dari faktor zodiak dan jenis kelamin, pluralitas emosi juga patut diperhitungkan. Setiap orang itu spesial dari segi bakat, jenis perasaan, hingga pola pikir. Dikotomi cewek perasaan vs cowok logika, sangat mungkin tidak berlaku pada pada setiap orang. FYI aja beberapa jenis profesi sangat mengandalkan perasaan daripada logika, yakni penyair, novelis, penulis, relawan dan lainnya, tidak peduli dia cowok atau cewek.

Jangan Generalisir

Berdasarkan fakta di atas, sudah waktunya kita berhenti mengeneralisir bahwa semua cewek cuma pake perasaan dan semua cowok cuma pakai logika. Kamu mesti kenal secara mendalam dulu apakah si cowok atau cewek itu lebih pake logika atau perasaan. Hal ini sangat penting buat kamu yang sedang melakukan pendekatan, agar strategi kamu ngedapetin hati gebetan bisa berhasil. Pemahaman yang mendalam adalah kunci keberhasilan suatu hubungan.

Your reaction?
LOL LOL
12
LOL
OMG OMG
7
OMG
LOVE LOVE
43
LOVE
!@#$@ !@#$@
16
!@#$@
WTF WTF
10
WTF
ANGRY ANGRY
47
ANGRY
CUTE CUTE
6
CUTE
HAPPY HAPPY
16
HAPPY
DAMN DAMN
33
DAMN

Pemikir, perenung, pemerhati alam semesta, manusia dan kebudayaan

Leave a Reply

log in

reset password

Back to
log in