Bosan Berolahraga? Coba 5 Olahraga Tradisional Berikut Ini!


Untuk membuat badan tetap bugar, olahraga rutin memang pilihan tepat. Tanpa olahraga badan akan terasa loyo dan kurang fit. Tidak jarang, metabolisme tubuh juga terganggu. Berbagai jenis olahraga bisa menjadi piihan menarik. Salah satunya adalah olahraga tradisional.

Namun, karena sudah menjadi rutinitas, terkadang muncul rasa bosan. Bayangkan jika tiap hari kamu berolahraga di tempat, jam, bahkan jenis olahraga yang sama. Tentu bosan kan? Nah, terus gimana, apa harus berhenti berolahraga?

Tentu tidak! Kamu hanya perlu mencari jenis olahraga lain. Rutin berolahraga itu harus, tapi jenis olahraganya nggak harus sama kan? Cobalah untuk melakukan olahraga tradisional.

Olahraga tradisional merupakan permainan asli rakyat sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik. Berbeda dengan olahraga biasa yang mengedepankan gerak fisik, olahraga tradisional lebih mengedepankan aspek seni dan permainan. Sudah tentu, olahraga jenis ini seru dan tidak membosankan. Apa saja olahraga tradisional yang bisa dipilih?

Lihat juga: “5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Kalau Tinggal di Kota Kecil”

Pencak Silat

Tak hanya tergolong dalam olahraga tradisional, pencak silat juga termasuk martial arts atau seni bela diri, seperti karate dan kung fu. Sebagai bentuk kesenian, tentu pencak silat menghasilkan gerak-gerak yang indah dan memukau. Dahulu, pencak silat digunakan sebagai alat untuk membela diri dan mengalahkan musuh. Kini, pencak silat menjadi cabang olahraga tradisional kebanggaan bangsa.

Ada banyak perguruan dan aliran pencak silat di Indonesia. Kamu bisa memilih salah satu dan ikuti latihannya secara rutin. Dijamin nggak bosen deh! Karena ada banyak jurus-jurus yang berbeda satu sama lain. Dalam olahraga ini, tak jarang pesilat harus latih tanding untuk menguji kemampuan. Nah, tentu gerakan-gerakan yang akan kamu lakukan akan bervariasi, bergantung dari gerakan lawan. Adrenalin petarung kamu pasti akan muncul. Di sinilah keseruan olahraga ini. Tertarik?

Sepak Takraw

Sebagai olahaga tradisional, sepak takraw merupakan kombinasi antara sepak bola dan bola voli. Sepak takraw ada sejak zaman kesultanan Malaka sejak tahun 1400an dan berasal dari Sulawesi Selatan. Aturan mainnya mirip dengan olahraga bola voli karena menganut sistem jumlah poin. Tim yang mencapai poin terbanyak lebih dulu adalah pemenangnya.

Sepak takraw tidak hanya memberikanmu kebugaran, tapi juga membangun kekompakan dalam tim. Tak hanya menendang dan menangkis bola, strategi menjadi kunci untuk memenangkan permainan. Kamu bisa kumpulkan teman-temanmu untuk main sepak takraw bersama. Atau bisa juga gabung dengan kub yang sudah ada. Saling tending dan menampis bola akan menjadi momen-momen seru dan anti bosan.

Gobak Sodor

Tau nggak ini olahraga apa? Mungkin sebagian dri kamu agak asing dengan olahraga ini. Tapi, banyak orang yang menganggap gobak sodor hanya sebuah permainan tradisional. Sebenarnya, gobak sodor juga mengandung unsur olahraga, karena banyak melihatkan olah fisik.

Memang seiring dengan perkembangan zaman, permainan ini pun mulai dilupakan. Olahraga adalah olahraga tim yang dimainkan di lapangan terbuka. Biasanya setiap tim terdiri dari 5 sampai 7 orang, Di area tersebut, tiap anggota tim harus melewati hadangan dari setiap anggota tim lawan dari ujung lapangan hingga ke ujung yang lainnya dan kembali lagi.

Bila setiap tim terdiri dari 5 orang, maka total, anggota tim harus melewati 10 hadangan. Anggota-anggota penghadang hanya boleh bergerak secara horizontal berdasarkan garis yang sudah dibuat. Gimana seru kan?

Egrang

Meski sebuah permainan, egrang mengandung banyak olah fisik. Kalo kamu pernah bermain egrang tentu kamu merasakan adanya olah fisik di situ. Erang adalah olahraga yang cukup fleksibel, kamu bisa main sendiri atau bersama teman. Hanya bermodalkan bambu panjang dan pijakan, kamu bisa bebas gerakkan badan dan bermain dengan sangat menyenangkan. Kamu juga bisa balapan dengan pemain teman-temanmu. Pasti seru kan?

Egrang juga sering diperlombakan dalam rangka memperingati acara ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Jika kamu sering bermain olahraga ini, kamu pasti sudah sangat ahli dan mudah memenangkan perlombaan. Dan yang paling penting adalah tubuh kamu makin sehat dan bebas dari rasa bosan berolahraga.

Lari

Hah? Lari? Mengapa lari masuk dalam kategori olahraga tradisional? Semenjak dulu, pasti ada unsur permainan yang menggunakan unsur lari di dalamnya, misalnya gobak sodor dan egrang (lari dengan bambu). Bahkan pada sesi pemanasan setiap olahraga seperti sepak bola, bola basket, olahraga renang, bola voli, olahraga renang sampai sepak takraw pasti ada larinya, minimal lari keliling lapangan sebagai bentuk pemanasan. Dengan lari, badan kamu akan bugar sehingga lebih mudah melakukan berbagai olahraga tradisional. Pada konteks ini, lari menjadi modal utama utama agar di setiap jenis olahraga, kamu selalu bugar.

Olahraga lari dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan berolahraga rutin kamu. Lantas, bagaimana jika olahraga lari atau jogging sudah menjadi olahraga rutin. Caranya mudah, kamu hanya perlu memvariasikan rute dan tempat lari. Misalnya, jika biasanya lari di keliling komplek rumah, di akhir pekan cobalah lari di acara car free day atau pergi ke taman kota. Dengan cara ini, kamu tetap semangat berlari dan jauh dari kata bosan.

Itulah 5 olahraga tradisional yang dapat membuatmu tetap sehat dan jauh dari rasa bosan. Karena mengandung unsur permainan, olahraga tradisional juga menjadi sarana refreshing bagi jiwa dan pikiran. Dengan olahraga tradisional, kamu tidak hanya mendapat kebugaran jasmani, tapi juga kesehatan jiwa.

Your reaction?
LOL LOL
0
LOL
OMG OMG
0
OMG
LOVE LOVE
0
LOVE
!@#$@ !@#$@
0
!@#$@
WTF WTF
0
WTF
ANGRY ANGRY
0
ANGRY
CUTE CUTE
0
CUTE
HAPPY HAPPY
0
HAPPY
DAMN DAMN
0
DAMN

Pemikir, perenung, pemerhati alam semesta, manusia dan kebudayaan

Leave a Reply

log in

reset password

Back to
log in