Belajar Dari Perjuangan Kartini-Kartini Masa Kini


Hai gaes, apa kabs? Di edisi kali ini, yakalee bakalan ngebahas tentang sosok Kartini-Kartini masa kini yang bisa jadi inspirasi buat kamu. Mereka adalah perempuan-perempuan hebat yang ngasih banyak inspirasi dan manfaat bagi orang di sekitaranya. Mereka tidak pernah lelah memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kira-kira siapa aja ya? Trus apa aja yang udah mereka lakukan? Yuk simak!

Kartini-Kartini Rembang Yang Gigih Berjuang

salut sama kartini-kartini Rembang ! merdeka.com

Udah pada tahu kan kisah ibu-ibu yang nyemen kakinya di depan istana? Ibu-ibu ini berasal dari Kendeng Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Mereka sedang memperjuangkan hak-hak masyarakat Kendeng agar tanahnya nggak dijadiin pabrik semen. Tanah bagi mereka sangat penting, karena dari sanalah mata pencahariannya berasal. Mayoritas dari mereka adalah petani. Kalau tanahnya dijadiin pabrik, gimana mereka mau bercocok tanam. Selain itu, sumber air dan lingkungan juga terancam bakalan rusak kalau pabrik semen berdiri. Aksi protes ini adalah bentuk perjuangan perempuan dalam memperjuangkan hak-hak mereka dan keluarganya. Kegigihan mereka dalam perjuangan mempertahankan “tanah airnyaā€¯ patut diteladani. Tak berlebihan kalo mereka dapet julukan Kartini-Kartini Rembang.

Menginspirasi Lewat Travel Blogging ala Donna Imelda

 

Nggak cuman ngeblog, mbak Donna juga aktif berkontribusi buat masyarakat lokal. donnaimelda.com

Perjuangan itu banyak ragamnya. Inspirasi juga dapat dibagikan dengan banyak cara. Salah satunya lewat traveling. Tapi nggak cuma traveling doang ya, kamu nulisin pengalaman kamu lewat blog. Dengan nulis kamu bisa berbagai inspirasi kepada banyak orang. Kayak yang udah dilakuin sama mbak Donna Imelda. Dia adalah travel blogger yang keliling Indonesia. Selain nulisin pengalaman dan tips traveling, mbak Donna juga banyak nulis kisah tentang kehidupan masyarakat sekitar yang sarat dengan nilai budaya dan kearifan lokal. Mbak Donna udah banyak ngasih inspirasi lewat tulisan-tulisannya. Ia tidak hanya fokus mengenalkan berbagai tempat menarik di seluruh Indonesia, tapi juga kearifan lokal masyarakatnya. Kamu bisa liat-liat blognya mbak Donna di donnaimelda.com dan ayopelesiran.com

Sosok Inspiratif Dyah Darmawaty

kartini dalam industri dirgantara mediasulsel.com

Dyah Darmawaty adalah sosok perempuan inspiratif berikutnya. Kartini yang bermukim di Amerika Serikat ini sukses berkarir di industri dirgantara. Dyah menjadi salah satu perempuan Indonesia yang jadi insinyur di Boeing, pabrik pesawat nomer wahid di dunia. Setelah lama berkontribusi di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), Dyah melanjutkan karirnya di negeri Paman Sam. Saat ini, ia sedang berjuang agar anak muda Indonesia dapet kesempatan buat magang di Boeing. Wah, inspiratif banget ya. Pas udah sukses ternyata ia tidak melupakan negerinya. Selalu pengen biar anak muda Indonesia bisa maju, kayak keinginan R.A. Kartini dulu.

Meneladani Keberanian Sang Menteri Kelautan

Kartini penjaga lautan NKRI maritimnews.com

Kalau perempuan yang satu ini pasti kalian udah tau. Ibu menteri yang nyentrik ini terkenal dengan aksinya yang fantastis. Beliau adalah sosok perempuan cerdas, tegas, dan berani. Sebagai menteri kelautan dan perikanan, Bu Susi sangat berani dan tak segan-segan menenggelamkan kapal-kapal luar negeri yang kedapatan nyuri ikan di wilayah NKRI. Meski sempat dinyinyirin karena ia tatoan dan cuma lulusan SMP, Bu Susi tidak bergeming, ia tetap bekerja dengan baik. Semangat perlawanannya terhadap kapal-kapal pencuri ikan tidak pernah padam. Setelah melihat kinerjanya, banyak orang yang angkat topi sama bu menteri yang satu ini.

 
Nah, udah pada tau kan beberapa sosok kartini-kartini masa kini. Sebenernya masih banget sosok kartini yang berjuang dengan gigih di luar sana. Nggak mungkin disebutin semua di sini kan, coba googling aja, banyak banget kok. Kamu bisa meneladani perjuangan para Kartini masa kini itu, tentu dengan minat, bakat serta concern kamu masing-masing. Selamat berjuang buat para Kartini muda! Lanjutkan perjuangan Ibu kita Kartini!

Your reaction?
LOL LOL
1
LOL
OMG OMG
0
OMG
LOVE LOVE
1
LOVE
!@#$@ !@#$@
0
!@#$@
WTF WTF
0
WTF
ANGRY ANGRY
0
ANGRY
CUTE CUTE
0
CUTE
HAPPY HAPPY
1
HAPPY
DAMN DAMN
1
DAMN

Pemikir, perenung, pemerhati alam semesta, manusia dan kebudayaan

Leave a Reply

log in

reset password

Back to
log in