5 Hal yang Harus Dilakuin Saat Nyusun Skripsi


emang kamu nggak bete ditanya gitu terus?  tribunnews.com

Hai guys sekarang kita bakal ngomongin ‘Skripsi’. Sabar dulu jangan keburu bete, biar gimanapun tugas akhir ini adalah pintu gerbang kalian menuju masa depan cerah. Semakin cepat selesai skripsi semakin cepat juga buat kalian lulus dan kerja, punya duit, bahagian orang tua. Sekarang kita kasih tips nih 5 hal yang harus kalian lakukan saat nyusun skripsi.

1. Jaga Kesehatan!

Normatif banget ya? Padahal ini penting banget guys. Banyak mahasiswa-mahasiswi yang meremehkan kesehatan mereka saat menyusun skripsi. Alhasil karena melalaikan kesehatan, mereka jadi sakit-sakitan dan gak optimal nyusun skripsi. Bahkan ada juga mahasiswa yang sampai masuk rumah sakit gara-gara penelitian skripsi. Mangkanya please, jaga stamina biar penelitian lancar. Yang anak kos, kurang-kurangin makan mie, banyakin makan buah, minum susu, pokoknya 4 sehat lima sempurna.

2. Buat Time Table

Ini asli penting banget, apalagi buat kalian yang anak organisasi dan superaktif di kampus. Kalau gak punya Time Table biasanya penelitian skripsi kalian bakal keteteran. Coba buat Time Table dari sejak masuk semester. Dibuat dengan detail dan rinci apa yang mau kalian lakukan tiap hari, buku apa yang harus kalian baca, dimana kalian harus temukan data, sampai target bertemu pembimbing kalian kapan aja.

3. Atur Keuangan

Kebanyakan mahasiswa-mahasiswi terlalu fokus sama esensi penelitian sampai-sampai mereka lupa kalau dompet dan ATM udah kosong. Yang anak holang kaya enak dong tinggal calling papa mama, tapi buat kalian yang pas-pasan nih harus waspada. Penelitian skripsi itu butuh biaya yang gak sedikit, minimal Transport buat ke sana kemari cari data. Jadi dari awal diatur keuangannya. Kalau bisa kurangin biaya-biaya yang gak penting seperti ngafe, nraktir temen, atau beli baju demi skripsi.

4. Jaga Hubungan Baik dengan Pembimbing

Nah, ini super penting. Pembimbing itu salah satu yang bakal menentukan nasib kalian layak disidangkan atau tidak. Dia juga yang bakal menjadi mentor kamu untuk menyelesaikan skripsi dengan efektif dan berkualitas. Jadi please jangan pernah menjauh apalagi ngilang dari pembimbing. Terus jaga komunikasi melalui telepon atau email. Yang lebih penting, atur pertemuan secara berkala.

5. Berdoa

Yang terakhir ini Bener-bener harus kalian lakuin. Minta doa ke mama, papa, adik semuanya deh supaya kalian dilancarkan. Biasanya doa itu mendorong psikologis kita supaya terus semangat.

Oke deh, gitu dulu ya. Yang lagi skripsian semoga bisa cepet selesai. Selamat berskripsi!

Your reaction?
LOL LOL
0
LOL
OMG OMG
1
OMG
LOVE LOVE
1
LOVE
!@#$@ !@#$@
1
!@#$@
WTF WTF
0
WTF
ANGRY ANGRY
0
ANGRY
CUTE CUTE
0
CUTE
HAPPY HAPPY
0
HAPPY
DAMN DAMN
2
DAMN

Sejarawan penikmat budaya Turki, selalu kepo dengan masa lalu peradaban dunia

Leave a Reply

log in

reset password

Back to
log in